Yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Nilai Rapor Anak Jelek

Pusing, marah, kecewa, mungkin beberapa perasaan seperti itu akan muncul ketika mengetahui bahwa nilai rapor anak jelek, sungguh malapetaka bagi orangtua. Pastinya sebagai orangtua Anda akan kecewa dengan hasil yang diterima. Dan berujung pada sebuah kemarahan, sehingga memberikan ceramah dan hukuman pada anak. Perlakuan tersebut tujuannya agar anak semangat belajar. Namun tahukah anda bahwa apa yang Anda lakukan tadi justru semakin membuat anak tertekan. Akibatnya anak akan terpukul dan semangat belajarnya menurun. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan ketika nilai rapor anak jelek ? Ada beberapa saran yang sebaiknya dilakukan antara lain sebagai berikut dibawah :

yang sebaiknya dilakukan ketika nilai rapor anak jelek

Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika nilai rapor anak jelek

Bertanya
Ketika anak mendapat nilai rapor jelek, jangan membuat petanyaan yang menghakimi. Sebaiknya Anda mengajukan pertanyaan yang membantu merefleksi nilai rapornya. Misalnya mengajukan pertanyaan, seperti ini, “menurutmu apakah nilai rapormu sudah termasuk baik?” Apakah kamu sudah merasa puas ataukah masih perlu diperbaiki? Pertanyaan tersebut bisa membuat anak berpikir bahwa ia harus merubah cara belajarnya agar mendapat nilai yang lebih baik lagi.

Dengarkan
Setiap kejadian yang dialami pasti ada sebabnya, sama halnya saat anak mendapat nilai rapor yang jelek. Tentunya ada uneg-uneg yang tersimpan didalam hatinya sehingga anak mendapatkan nilai rapor yang jelek. Sebagai orangtua Anda harus memahami segala emosi yang dirasa oleh anak. Dengarkanlah segala ceritanya sampai anak selesai bercerita. Dengan begitu hubungan komunikasi Anda dengan anak akan baik. Dan mengetahui apa yang menyebabkan nilai rapornya jelek.

Refleksi
Dengan Anda mengajukan pertanyaan pada anak bisa merefleksi usahanya. Saat anak mendapat nilai rapor jelek, berikan pertanyaan apakah nilai rapornya sesuai dengan yang ia harapkan. Jika nilainya tidak sesuai dengan yang ia harapkan, selanjutnya tanyakan berapa nilai rapor yang harus dicapai pada mata pelajaran tersebut. Setelah anak menjawab semua pertanyaan yang diajukan ajak untuk berpikir. Tindakan apa yang harus dilakukan agar nilai rapornya meningkat. Atau bisa juga memberikan trik belajar yang baru untuknya.

Lakukan Psikotes
Mungkin anda juga perlu melakukan psikotes pada anak untuk mengetahui seberapa tingkat kecerdasan anak sesungguhnya. Jika memang setelah dilakukan psikotes ternyata IQ anak anda termasuk diatas rata-rata, maka kemungkinan ada beberapa faktor eksternal yang menyebabkan nilai rapor anak jelek. Diskusikan dengan konsultan psikolog anda tersebut untuk menemukan solusi bagi anak anda.

Itulah tadi beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika nilai rapor anak jelek. Semoga dengan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika nilai rapor anak jelek, dapat membantu anda menemukan solusi terbaik bagi anak anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 13 =