Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

Ketika menjelang datangnya hari pertama masuk ke sekolah, para orang tua akan disibukkan dengan aktivitas mempersiapkan anak masuk sekolah. Setiap anak akan merespon hari pertama masuk sekolah dengan berbagai ekspresi yang berbeda sesuai dengan kesiapan mereka masing-masing. Walaupun secara umum sikap seorang anak akan cenderung berubah. Ada anak yang menyambutnya dengan begitu riang dan gembira, namun tidak sedikit juga yang kemudian menjadi rewel ketika memasuki gerbang sekolah. Karenanya akan lebih baik ketika Anda mempersiapkan anak masuk sekolah, terlebih dahulu memperkenalkan lingkungan sekolah dan menceritakan banyak hal menarik yang dapat diperoleh di sekolah kepada anak anda sehingga anak menjadi bersemangat untuk masuk sekolah.

Setiap tingkah laku anak ketika menghadapi hari pertama sekolah adalah hal yang wajar dialami oleh anak. Munculnya perasaan takut karena akan ditinggal sendirian dan rasa kurang nyaman ketika berada di lingkungan baru dan berada diantara orang-orang yang belum dikenalnya, adalah perasaan yang umum dirasakan oleh semua anak ketika pertama kali masuk ke sekolah.

mempersiapkan anak masuk sekolah

Untuk mencegah anak rewel atau bahkan menangis di hari pertama masuk sekolah, sebaiknya Anda mengajak anak untuk berjalan-jalan dan melihat-lihat sekolah barunya sebelum hari pertamanya. Ceritakanlah beberapa hal yang menyenangkan dan menarik yang akan mereka dapatkan nantinya ketika berada di sekolah tersebut. Kenalkan juga pada beberapa guru mereka dan teman-teman mereka nantinya. Pahamilah perasaan anak dan berikan solusi sehingga anak merasa lebih nyaman dan siap memasuki sekolah barunya.

Apabila ketika hari pertama masuk sekolah anak tetap masih tidak mau dilepas oleh orangtuanya, sebaiknya orang tua tetap tidak ikut menemani anak belajar di kelas karena justru akan mengganggu proses penyesuaian dirinya.

Mempersiapkan anak masuk sekolah pertama kalinya memang bukan hal yang mudah dilakukan, karena itu sangat penting bagi para orang tua untuk meluangkan waktu untuk mempersiapkan anak masuk sekolah sehingga anak Anda mudah untuk untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah, guru, dan teman barunya. Berikan pujian pada setiap hal positif yang telah anak lakukan di hari pertama sekolahnya.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − two =