Tips Agar Anak Suka Menggambar

Dunia anak penuh dengan warna-warni dan gambar, dan salah satu bentuk kreatifitas seorang anak adalah menggambar. Biasanya hasil gambar dari seorang anak akan tercermin kepolosan dan apa adanya pada diri anak tersebut. Banyak orang tua yang juga kemudian mengembangkan kreatifitas menggambar pada anak-anak mereka dengan menyediakan fasilitas berupa media agar anak suka menggambar dan dapat berlatih menggambar.
Menggambar juga dapat dijadikan salah satu cara untuk melihat talenta pada seorang anak, selain itu dapat membuat anak lebih kreatif dengan imajinasinya pada obyek yang ada disekitar mereka. Untuk membangkitkan keinginan agar anak suka menggambar, orang tua dapat mencoba tips agar anak suka menggambar yang dapat melatih anak dalam aktifitas menggambar dengan cara berikut ini :

tips agar anak suka menggambar

  1. Ceritakan sebuah dongeng ataupun cerita rakyat yang dapat anda dapatkan baik dari buku atau melalui internet. Cara ini dapat digunakan untuk memancing imajinasi anak dari cerita dan kejadian – kejadian yang terdapat di dalam cerita tersebut.
  2. Ketika sedang bercerita pada anak sebaiknya berikan cerita yang ringan dan memiliki tampilan gambar maupun corak yang cerah supaya anak menjadi tertarik pada obyek-obyek yang dilihatnya pada cerita tersebut.
  3. Selesai bercerita ambilah secarik kertas atau media untuk menggambar, kemudian mulailah mengenalkan beberapa bentuk pola yang mudah seperti hati, kotak, persegi, dan lingkaran.
  4. Temanilah anak ketika sedang menggambar dan pandulah mereka untuk membuat bentuk dan memberikan warna seperti membuat awan yang berwarna putih atau daun yang diberi warna hijau.
  5. Pakailah media lebih dari satu untuk menggambar agar anak tidak merasa bosan dengan aktifitas menggambarnya, seperti media gambar yang berbentuk lingkaran, ataupun kotak dan lain sebagainya.
  6. Hindari menggunakan penghapus ketika anak sedang melakukan aktifitas menggambarnya, biarkan anak meneruskan gambarnya bila ada kesalahan, karena penghapus dapat membuat dampak pada anak menjadi kurang percaya diri atas hasil gambarnya.
  7. Setelah anak selesai menggambar, berikanlah tanggapan yang positif seperti menggunakan kata “bagus” atau dengan sebuah hadiah kecil. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Dan tentunya akan semakin memacu agar anak suka menggambar.

Ketika anak sedang menggambar, cobalah perhatikan ekspresi lucu mereka, bahkan mungkin mereka bergumam sendiri tentang obyek yang digambarnya. Dan lihatlah senyum puas anak ketika mereka selesai menggambar dan anda memberikan pujian kepadanya.

Tag :

anak hobby menggambar,

Related Post

1 comment on “Tips Agar Anak Suka Menggambar”

  1. Juna Balas

    Pentingkah mengajarkan anak menggambar? Apa manfaat menggambar dalam pendidikan anak? Mohon info, terima kasih.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + eleven =