Penyebab Anak Alami Stres Dan Depresi

Tidak hanya orangtua saja, anak-anak pun bisa mengalami depresi yang diakibatkan karena beban pikiran yang terlalu berat. Tekanan tersebut memang tidak langsung membuat anak menjadi depresi. Biasanya si anak akan mengalami depresi ringan dan jika hal tersebut tidak langsung ditangani bisa membuat depresi semakin parah dan pada ujungnya bisa menjadi penyebab anak alami stres berat ataupun depresi. Terkadang kita berfikir sebenarnya masalah apa yang bisa membuat anak- anak sampai depresi. Bukankah pada masa anak – anak adalah masa yang indah ? Nah dari itu lebih baik kita sama – sama mengulas beberapa penyebab anak bisa mengalami stres. Dengan begitu diharapkan nantinya kita akan mengetahui bagaimana mencegah stress anak ketika remaja nantinya.

Penyebab Anak Alami Stres dan Depresi

penyebab anak alami stres dan depresi

1. Banyak mendapat perlakuan kasar

Anak-anak jauh lebih labil daripada orang dewasa yang telah punya prinsip dan mental yang kuat, maka jika anak sering mendapat perlakuan yang kasar akan membuat jiwanya goyah. Perlakuan kasar bisa didapati di dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah ataupun lingkungan sekitar yang sering dia jadikan tempat bersosialisasi. Pada awalnya mungkin anak masih bisa menerima meskipun dalam hatinya mulai gundah. Namun jika setiap kali hal tersebut selalu terulang maka akan membuat anak minder dan merubah kebiasaanya dari yang tadinya periang menjadi pendiam. Dan terakhir jika anak telah lebih banyak diam dan enggan bersosialisasi lagi dan lingkungan sekitarnya, tetap mencela dan menghinanya, anak kemudian semakin takut dan emosinya semakin tak terkontrol. Hal ini akan berdampak sangat fatal hal tersebut bisa menjadi penyebab anak alami stres dan depresi.

2. Jam belajar terlalu padat

Sebagai orangtua tentunya menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses, yang kelak bisa membanggakan kedua orangtuanya. Sehingga seringkali orang tua akan mengisi hari anak dengan berbagai kegiatan yang mampu membuat anak lebih berkembang lagi. Setiap hari anak harus berangkat sekolah, sepulang sekolah biasanya orangtua memberinya lagi dengan les tambahan. Belum lagi kegiatan lainya yang berhubungan dengan pengembangan bakat si anak. Pada hari libur yang seharusnya membuat anak rileks untuk bersantai, bermain terkadang orangtua menyuruhnya untuk tetap belajar padahal anak juga butuh merefresh pikirannya yang lelah dengan berbagai macam kegiatan rutinnya setiap hari. Berilah waktu anak untuk bebas karna jika tidak anak akan mengalami stres yang mungkin tak bisa anak ungkapkan kepada anda.

penyebab anak alami stres

3. Tuntutan yang melebihi batas

Banyak anak yang memiliki kepandaian pada satu bidang saja misalnya pintar matematika tapi untuk pelajaran lain kurang begitu menerima. Ketika orangtua mengetahui hal tersebut mereka akan mencari cara bagaimana supaya kepintaran anak itu bisa maksimal, dan bisa menerima barbagai bidang lainnya. Karena umumnya orangtua tidak cukup puas jika anaknya hanya pintar dalam 1 bidang saja. Selanjutnya orangtua biasanya akan menyuruh anaknya belajar lebih giat lagi. Bahkan ada yang setiap hari didatangkan guru les demi menjadikan anaknya seperti yang mereka inginkan tanpa tahu batas pikiran sang anak.

Jika anda tidak ingin anak anda mengalami hal tersebut maka cobalah untuk jadi orangtua yang bijak. Menjadi orangtua yang mau mengerti kondisi anak seberapa dia bisa menerima yang menjadi tanggung jawabnya akan menjauhkan penyebab anak alami stres dan depresi.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − 7 =