Menjadi Ayah Yang Hebat Untuk Keluarga

Selama ini bahkan hingga saat ini masih banyak yang menganggap kalau parenting selalu terkait dengan peran serta tanggung jawab pada seorang ibu saja. Padahal kehadiran dan peran seorang ayah dalam sebuah keluarga sangat penting untuk anak. Bahkan tugas bagi seorang ayah tidak terbatas hanya untuk mencari uang serta memberi nafkah pada keluarga saja, namun juga turut berperan pada pendidikan serta perkembangan karakter anak. Menjadi ayah yang hebat harus mampu menjadi contoh teladan dan figure center untuk anak-anaknya. Walaupun dengan semua kesibukan dan waktu yang sangat sedikit untuk bertemu dengan keluarga di rumah karena harus seharian penuh berada di luar rumah untuk mencari nafkah namun tidak kemudian menghilangkan peran seorang ayah di dalam sebuah keluarga.Lalu bagaimana caranya menjadi ayah yang hebat untuk keluarga ? Berikut ini beberapa cara untuk menjadi ayah yang hebat bagi keluarganya :

Menjadi ayah yang hebat untuk keluarga

menjadi ayah yang hebat

Sediakan waktu untuk bersama keluarga

Ketika sampai di rumah sepulang bekerja pastinya sebagian besar dari kita ingin segera beristirahat rumah dan bersantai dengan berbagai aktivitas ringan dan menyenangkan. Tidak ada salahnya dengan semua hal tersebut, hanya saja sebaiknya sambil melakukan beberapa aktivitas tersebut kita juga dapat bermain bersama anak-anak kita. Manfaatkan waktu senggang anda setelah seharian diluar rumah untuk lebih dekat dengan anak-anak anda serta mencari tahu semua kegiatan anak anda setiap harinya. Terutama di hari libur sebaiknya anda bersihkan dari semua janji dan kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga anda dapat lebih banyak menyediakan waktu untuk bermain bersama anak. Jangan sampai anda melewatkan masa-masa kecil mereka, karena ketika mereka semakin tumbuh dan dewasa, mereka juga akan memiliki banyak kegiatan sehingga semakin sedikit waktu yang dapat mereka habiskan bersama anda. Anda tidak dapat menuntut mereka untuk menjadi anak yang patuh dan berbakti jika anda sendiri tidak dekat dengan mereka sejak mereka masih kecil.

Mengerjakan yang biasanya dikerjakan oleh seorang ibu

Belajarlah untuk sekali waktu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak dan menyiapkan makanan untuk anak, menyuapi anak, memandikan mereka, membantu mengerjakan PR hingga kegiatan yang mengantar mereka ke tempat tidur. Semua kegiatan tersebut biasanya hanya dikerjakan oleh ibu rumah tangga, namun tidak berarti tidak dapat dilakukan oleh seorang ayah. Justru dengan mengerjakan semua hal tersebut maka dapat anda jadikan media untuk membangun hubungan yang lebih dekat antara ayah dan anak. Bahkan antara Anda dan anak akan terbentuk ikatan emosional yang kuat, seperti halnya hubungan ibu dan anaknya.

Menjadi teladan yang baik

Kalau anda adalah seorang ayah yang suka merokok maka sebaiknya segeralah berhenti. Semua hal tersebut tidak hanya untuk kepentingan anda saja namun juga untuk kebaikan dan kesehatan anak-anak anda. Kebiasaan serta perilaku buruk yang anda lakukan akan berpengaruh pada karakter anak anda nantinya di masa depan mereka. Mutlak bahwa menjadi seorang ayah yang hebat harus bisa menjadi teladan dan contoh yang baik untuk anak-anak supaya mereka memiliki perkembangan karakter yang baik.

Tumbuhkan percaya diri anak

Membentuk anak supaya memiliki kepercayaan diri merupakan tugas penting seorang ayah. Ada banyak metode bagi seorang ayah untuk mengajari anaknya supaya memiliki kepercayaan diri. Berikan banyk waktu untuk bersama anak anda untuk berbincang serta mendengarkan mereka, mengetahui setiap prestasi mereka, memberi mereka semangat, mengajari mereka, dan berbagai macam hal positif lain yang bisa membuat anak anda menjadi percaya diri.

Jadilah ayah yang baik untuk istri

Untuk menjadi ayah yang hebat bagi anak kita, tentu kita juga harus bisa menjadi ayah yang baik juga untuk ibu anak-anak kita. Berusahalah untuk tidak berkonflik atau bertengkar dengan istri anda di depan anak-anak anda. Namun tunjukkanlah kepada anak-anak anda beberapa kebaikan kecil kepada istri anda selaku ibu mereka, dengan memberikan perhatian yang tulus kepada istri anda. Dengan begitu anda akan menjadi seorang ayah yang hebat bagi anak-anak anda dan juga istri anda.

Dengan ketulusan dan kasih sayang, seorang suami dapat menjadi menjadi ayah yang hebat bagi keluarganya dan menjadikan rumah nyaman.

Tag :

cara menjadi ayah yang baik untuk keluarga,psikologi cara menjadi ayah yg baik,

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =