Mengajarkan Anak Untuk Berbagi

Kehidupan selalu mengajarkan kita untuk selalu berbagi dengan orang lain. Karena itu mengajarkan anak untuk berbagi harus ditanamkan sejak dini. Kecenderungan anak untuk meniru perilaku orang tua mereka menjadi pondasi awal anak untuk belajar berbagi. Dengan begitu anak akan belajar menjadi pribadi yang senang berbagi sesuai dengan orang tua mereka.

mengajarkan anak untuk berbagi

Memulai mengajarkan anak untuk berbagi datp dilakukan orangtua dengan memberi contoh cara berbagi pada orang lain. Mengajarkan berbagi adalah menanamkan perilaku positif pada anak, Anda sebagai orangtua dapat melakukan beberapa cara sebagai beriku.

Mengajarkan anak untuk berbagi

Tunjukkan dengan contoh. Orangtua baik anda sebagai ayah atau bunda dapat menunjukkan contoh terhadap anak anda tentang bagaimana cara berbagi kepada orang lain atau teman mereka. Seperti dengan mengantar makanan untuk tetangga terdekat atau teman mereka. Ajarkan juga anak anda untuk berbagi makanan kepada teman-teman mereka ketika sedang bermain. Dengan begitu maka anak akan merasakan rasa kepuasan karena telah berbagi. Melalui kesempatan ketika anak bermain bersama teman-temannya dan berinteraksi maka anak berpeluang untuk berbagi kepada teman-temannya.

Membangkitkan rasa empati. Rasa empati kepada orang lain perlu ditumbuhkan supaya anak mampu memahami perasaan serta peduli kepada orang lain. Beberapa kejadian akan menumbuhkan perasaan empati mereka yang kemudian akan mendorong mereka untuk berempati dan berbagi.

mengajarkan anak untuk berbagi

Seiring dengan perkembangan anak dan pengalaman mereka selanjutnya bagi mereka berbagi tak lagi hanya berkaitan dengan materi saja. Pada tahap berikutnya anak akan memahami bahwa berbagi dapat berupa seperti menyapa atau tersenyum pada orang lain. Anda bisa mencontohkan dan menerapkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari supaya anak juga mengikuti kebiasaan positif ini.

Tentunya sebagai orang tua anda selalu menunjukkan kasih sayang anda pada anak setiap harinya. Dari perilaku kasih sayang anda kepada anak maka akan membentuk anak untuk berbagi ini dengan rasa kasih sayang juga. Limpahan kasih sayang yang Anda berikan pada putra-putri anda akan membuat anak terdorong untuk lebih banyak berbagi.

Mengajarkan anak untuk berbagi akan membentuk karakter mereka pada saat mereka dewasa dan mandiri. Sebagai orangtua yang bijaksana tentu anda akan mampu menanamkan hal tersebut kepada anak anda.

Tag :

parenting di yogyakarta,

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 7 =