Menaklukkan Rasa Cemburu Berlebihan

Hmmm… “Cemburu”, kata yang cukup sederhana, namun memiliki ikatan emosional yang sangat luar biasa. Banyak hal bisa membuat kita merasa cemburu. Meskipun rasa ini adalah hal wajar dalam setiap interaksi dan hubungan, namun dalam beberapa kondisi, rasa cemburu berlebihan bisa menempatkan kita pada tindakan atau sikap yang salah. Atau dengan kata lain, cemburu kita tidak pas, berlebihan.

Kecemburuan adalah salah satu emosi yang mesti ada sekaligus dikendalikan, namun untuk bisa mengendalikannya, anda harus mengetahui dari mana rasa itu datang dan apa penyebabnya. Akan selalu ada pemicu dalam kehidupan yang menyebabkan munculnya jenis emosi yang satu ini, tetapi jika anda memahami apa itu kecemburuan anda akan mampu mengendalikannya dengan mudah.

rasa cemburu berlebihan

Darimana datangnya rasa cemburu?

Anda tahu bagaimana rasanya cemburu. Anda bisa mengenali rasanya, dan kemudian menamainya sebagai kecemburuan. Sesaat setelah rasa ini datang menghantam anda, seketika anda harus tahu bagaimana mengendalikannya, dan sebisa mungkin menghapusnya sebelum rasa itu sepenuhnya menguasai anda. Mengapa saya merasakan ini? Apakah saya punya alasan kuat untuk merasakannya? Apakah harga diri saya merasa terancam? Jika ini berkaitan dengan harga diri, maka jelas rasa cemburu tidak akan menjadi penutup masalah. Seiring berjalannya waktu, cemburu bahkan bisa menghancurkan rasa percaya diri anda. Inilah mengapa mengetahui cara mengatasi rasa cemburu berlebihan menjadi sangat penting.

Menganalisa Penyebab Cemburu

Mengetahui darimana rasa cemburu berasal adalah salah satu bagian dari upaya mengatasinya. Setelah anda tahu darimana rasa itu datang, anda harus mencari tahu sebabnya. “Mengapa?” adalah pertanyaan selanjutnya. Misalnya, jika rasa cemburu anda datang saat melihat pasangan anda berbicara dengan lawan jenis (walaupun sekedar berbicara), anda harus mencari tahu mengapa menjadi cemburu. Apakah ini berkaitan dengan hubungan di masa lalu? Apakah anda pernah merasa terkhianati? Apakah anda takut pengalaman yang sama terjadi kembali? Jika ini masalahnya, maka anda harus mengetahui mengapa rasa takut itu membayangi anda. Mungkinkah itu berkaitan dengan pengalaman saat harga diri anda terhempas hingga anda merasa sangat lemah? Apakah ini berkaitan dengan munculnya rasa tidak berharga?

Sebagaimana anda lihat, ada begitu banyak pertanyaan yang harus anda jawab sendiri. Berarti ini berkaitan dengan upaya menganalisa diri sendiri sebelum melihat sebab dari luar. Dalam konteks positif, mengetahui berbagai jenis emosi yang muncul bersamaan dengan rasa cemburu (marah, sedih, dendam, takut, dll) juga akan memberikan masukan bagi upaya anda untuk mengendalikan kecemburuan.

Mengendalikan rasa cemburu berlebihan

Setelah anda memahami asal rasa cemburu beserta penyebabnya, kini saatnya untuk menentukan strategi guna mengendalikan rasa itu. Waktu yang dibutuhkan bergantung pada sejumlah faktor yang berkaitan dengan alasan-alasan yang memunculkan kecemburuan itu. Misalnya, jika benih-benih rasa cemburu hadir karena pasangan yang suka “main mata” dengan lawan jenis, maka mengakhiri kebiasaannya itu adalah cara yang lebih mudah dilakukan dibanding mengatasi rasa cemburu yang muncul karena faktor-faktor psikologis dari diri sendiri.

Seringkali, wanita saling memiliki rasa cemburu (iri) yang cukup tinggi karena masalah-masalah fisik, misalnya bentuk tubuh, kecantikan; atau faktor non fisik seperti karir, kesuksesan dalam hidup atau hubungan, dan lain-lain. Tipe kecemburuan seperti ini butuh waktu panjang untuk diatasi, sebab munculnya rasa cemburu semacam ini pun juga bertahap, dan secara perlahan menguasai diri seseorang. Membiasakan diri mengendalikan rasa cemburu akan memberikan berbagai pengalaman dan kemampuan untuk mengendalikannya dengan mudah di masa yang akan datang.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menaklukkan rasa cemburu berlebihan

Untuk mampu terus menjaga dan mengendalikan rasa cemburu, pertimbangkan beberapa poin berikut:

1. Pahami dan terima rasa cemburu itu apa adanya.
2. Tanya pada diri sendiri dan temukan darimana rasa cemburu itu berasal.
3. Tanya pada diri sendiri apa yang memicu munculnya rasa cemburu.
4. Buatlah perubahan-perubahan positif untuk memerangi kecemburuan berlebihan.
5. Praktekkan langkah-langkah tersebut hingga anda terbiasa dan menjadi naluri.
Jika anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas dan bisa memunculkannya saat kebutuhan untuk mengatasi rasa cemburu datang, maka anda akan mampu mengatasi rasa cemburu berlebihan dengan lebih mudah dan terarah.

Tag :

cara menaklukan rasa cemburu,cara menghilangkan rasa envy,mengatasi rasa cemburu,menurut pisikologi cemburi,pengalaman mengatasi emosi cemburu dan marah,psikologi cemburu,terapi mengurangi cemburu,

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + sixteen =