Trik Memotivasi Anak Untuk Bersikap Disiplin

Dalam mendidik anak untuk bersikap disiplin tidak harus menggunakan kekerasan karena masih bisa menggunakan cara yang lainnya. Kekerasan dalam mendidik anak bukanlah satu-satunya jalan untuk membuatnya menjadi disiplin. Masih banyak cara lain yang bisa anda lakukan, walaupun mungkinorang tua kesulitan caranya. Disini akan berbagi trik memotivasi anak untuk bersikap disiplin. Lantas, bagaimanan trik memotivasi anak untuk bisa bersikap disiplin ini? Yuk, simak ulasan berikut ini.

memotivasi anak untuk bersikap disiplin

Beberapa trik untuk memotivasi anak untuk bersikap disiplin

Aturan yang dibuat realistis
Ketika membuat peraturan pada anak tidak boleh menyulitkan serta mengada-ada. Misalnya orangtua membuat peraturan bahwa meskipun liburan sekolah harus tetap belajar setiap hari. Tentu saja anak akan merasa kesulitan menjalankan aturan yang orang tuanya buat, sebab pada saat liburan sekolah anak butuh refresing. Justru bukan disuruh belajar setiap hari sehingga membuatnya bosan. Alangkah baiknya ketika orang tua membuat peraturan diskusi dengan anak. Berikan pengertian mengapa aturan itu sengaja dibuat. Contohnya, saat malam anak diharuskan membereskan peralatan belajarnya agar tidak ketinggalan saat berangkat ke sekolah. Dengan aturan yang dibuat tersebut sehingga anak bisa termotivasi bersikap disiplin.

Konsekuensi melanggar peraturan
Setelah berdiskusi bersama dengan anak apa saja aturan yang harus dilaksanakan. Selanjutnya orang tua membuat konsekuensi apa yang akan diterima jika melanggar peraturan tersebut. Namun, perlu anda ingat dalam memberikan hukuman pada anak bukan menyiksanya tetapi hanya memberikan efek jera. Sehingga anak ini tidak akan mengulanginya lagi. Hindari hukuman yang sifatnya mempermalukan atau merendahkan ditakutkan berdampak buruk padanya. Harapannya dengan memberi konsekuensi yang dibuat tadi bisa memotivasi anak untuk bersikap disiplin.

Beri contoh terbaik
Mendidik anak menjadi disiplin peran orangtua didalamnya sangat dibutuhkan. Sebagai orangtua Anda harus memberikan contoh terbaik bagi anak-anaknya. Contoh tersebut bisa motivasi anak dari kebiasaan orangtuanya yang baik. Alhasil, anak pun bisa termotivasi untuk bersikap disiplin menjadi lebih baik lagi. Nah, untuk itu sebelum Anda mengajarkan sikap disiplin pada anak-anak. Sebaiknya ubahlah kebiasaan hidup Anda menjadi disiplin terlebih dahulu.

Itulah tadi beberapa trik memotivasi anak untuk bersikap disiplin yang bisa Anda terapkan. Bahkan belajar disiplin pun sudah harus diajarkan pada saat anak melakukan toilet training.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − one =