Lakukanlah Hal ini Setelah Wawancara Kerja

Wawancara atau Interview adalah proses seleksi yang dilakukan hampir semua perusahaan untuk merekrut karyawannya. Dalam proses seleksi ini, kita biasanya akan diuji dengan berbagai tes mulai dari psikologis hingga tes lisan. Jika Anda berfikir bahwa moment wawancara adalah hal yang menentukan keterima atau tidaknya Anda bekerja di perusahaan tersebut, pernahkah Anda berpikir jika masa setelah wawancara kerja juga menjadi waktu yang genting dalam menentukan masa depan Anda?

Setelah wawancara kerja biasanya kita diberikan dua 3 jawaban, keterima, langsung to the point tidak keterima, dan masih dipertimbangkan. Apapun hasilnya sebenarnya ada beberapa cara menghadapi masa ini supaya kejelasan hasil wawancara sekaligus citra baik Anda di mata perusahaan didapatkan.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan setelah wawancara kerja Anda di perusahaan :

setelah wawancara kerja

1. Kirimkan “thank you letter”
Ketika Anda mencari lowongan pekerjaan kota besar dan ternyata dipanggil untuk interview, berikan kesan yang baik saat Anda menjalaninya. Setelah tahap dimana Anda harus menunggu hasilnya, cobalah kirimkan thank you letter kepada perusahaan tersebut.
Meski kurang populer di Indonesia, istilah “thank you letter” sudah menjadi jamak bagi pencari karir di negara lain, terutama bagi mereka yang ingin menunjukkan sopan santun setelah proses wawancara kerja berlalu.
Umumnya Thank You Letter berisikan ucapan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menjalani wawancara kerja di perusahaan tersebut untuk mengisi kekosongan posisi yang diinginkan. Biasanya, surat ini berbentuk email dan dikirim sekitar sehari setelah wawancara berlangsung.

2. Jangan Menyerah
Saat Anda mendapatkan telepon konfirmasi yang menyatakan bahwa Anda gagal dan tak dapat mengikuti tahap seleksi berikutnya, bagaimana perasaan Anda? pastinya rasa kecewa pastilah ada.
Namun, disamping itu sebaiknya bersikaplah sopan kepada perusahaan dan jangan lupa untuk tetap mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah perusahaan tersebut berikan terhadap Anda.
Setelah itu, bangun kembali kepercayaan diri untuk menggapai kesempatan kerja di tempat lain yang masih terbuka untuk Anda dan tetap berfikiran positif bahwa Anda nanti akan menjadi seorang karyawan yang handal dan bisa sukses di dalam karir yang Anda inginkan.

3. Tanya Langsung
Anda dijanjikan akan dikabari seminggu setelah hari wawancara. Namun, dua hari setelah waktu yang diijanjikan belum juga ada kabar yang didapatkan. Apabila dihadapkan pada situasi seperti ini, lakukanlah hal yang bisa Anda lakukan seperti menyanyakan kepada pihak SDM perusahaan tersebut.
Tanyakan pada pihak SDM yang terakhir menghubungi Anda tentang bagaimana hasil wawancara. Selama pertanyaan Anda sopan, jangan takut bertanya langsung karena terkadang pihak perusahaanlah yang sibuk sehingga lupa menghubungi kandidat.
Dalam menanyakan hal tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa saluran mulai dari email atau telepon. Pastikan kata-kata yang Anda gunakan tidak kasar dan tetap santun.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah wawancara kerja berlangsung. Selalu berfikir positif dan buatlah sebuah wawancara kerja menjadi fun namun tetap memberikan jawaban yang tepat demi kesuksesan karir Anda.

Tag :

menanyakan kejelasan hasil wawancara,

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + twenty =