Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Dengan semakin bertambahnya usia seseorang umumnya juga diikuti dengan menurunnya daya ingat. Terlebih dengan semakin banyaknya aktifitas dan tugas yang harus diingat setiap harinya seringkali membuat seseorang semakin lelah dan kesulitan untuk mengingat sesuatu yang sebenarnya adalah sebuah rutinitas. Bahkan beberapa orang sangat berusaha melakukan berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat mulai dari membuat catatan pribadi sampai meminta orang lain untuk mengingatkan sesuatu yang seringkali dia lupakan. Berikut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat :cara-meningkatkan-daya-ingat

  1. Ingatlah untuk selalu mengingat. Cobalah untuk selalu berusaha mengingat apa yang memang harus anda ingat. Sebagai contoh seringkali kita lupa setelah kita  berkenalan dengan seseorang, hal tersebut disebabkan karena kita lupa mengingat bahkan kurang memperhatikan pada saat kita mendengarkan orang tersebut berbicara. Jadi usahakan di lain waktu untuk menciptakan asosiasi dengan orang tersebut.
  2. Berlatih menggunakan ingatan. Pada setiap kesempatan, latihlah ketrampilan mengingat anda. Sebagai contoh : Ketika sedang bepergian ke suatu tempat cobalah untuk mengingat semua nama-nama jalan tersebut dengan cara atau sesuatu yang menarik.
  3. Gunakan asosiasi yang lebih spesifik, jelas dan tidak bersifat umum. Perhatikan setiap kesan yang muncul seperti aroma, suara atau warna sehingga setiap asosiasi akan berdiri sendiri. Contoh : perhatikan suara seseorang ketika sedang berbicara.
  4. Membuat peta pikiran. Peta pikiran merupakan alat yang alamiah untuk menghafal, karena melibatkan kesan visual seperti simbol, gambar atau bentuk.
  5. Lengkapi dengan arti. Tanyakanlan pada diri kita sendiri tentang manfaat dari menghafal atau mengingat kemudian berikan penghargaan pada diri kita sendiri ketika berhasil menghafal atau mengingat.
  6. Lakukan secara berulang dan teratur. Hal ini disebabkan dengan melakukan secara berulang maka akan semakin membekas sehingga semakin mudah untuk mengingatnya. Ketika sedang mengingatnya maka ucapkanlah dengan suara yang keras setidaknya dapat di dengar oleh kita sendiri.
  7. Ambilah jeda pendek. Otak manusia dapat diibaratkan seperti almari yang ketika dimasukkan informasi sehingga perlu diberikan waktu untuk beristirahat sebentar sambil beraktifitas. Biarkanlah otak anda untuk mengatur berbagai macam informasi yang telah diterima.
  8. Menjaga kesehatan. Daya ingat akan bekerja dengan lebih baik apabila kita berada dalam kondisi tubuh yang fit. Oleh karena itu beristirahatlah yang cukup, berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi untuk otak dan hirup udara segar setiap pagi.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + 1 =