Cara Merubah Perilaku Siswa

Ada beberapa metode yang dapat membantu guru dalam merubah perilaku yang mempengaruhi hubungan antara anak dengan para guru terutama perilaku siswa dalam belajar. Beberapa perilaku tersebut adalah ketidakpatuhan, perilaku manipulatif, sikap bergantung yang berlebihan dan perilaku sejenis lainya.cara merubah perilaku anak

  1. Perilaku Tidak Patuh. Perilaku tidak patuh adalah perilaku tidak mau mengikuti petunjuk, tidak memperdulikan peraturan, tidak menurut, keras kepala dan biasanya tidak patuh. Perilaku ini biasanya mempengaruhi hubungan antara siswa dengan para guru, perilaku siswa di kelas dan prestasi belajarnya. Metode untuk mengubah perilaku tidak patuh adalah sebagai berikut : anak di didik secara efektif dengan memberikan kesempatan anak untuk diajak bicara, atau adanya hubungan komunikasi timbal balik, sehingga diharapkan anak akan memberikan tanggapan yang positif jika ada perintah diterapkan atas dirinya, selain itu diperlukan juga pendekatan secara konsisten dan konsekuen. Antar lain dengan memberikan peraturan dan konsekuensi yang terinci secara jelas, sehingga siswa tahu harapannya dan konsekuensi perilakunya. Kemudian dilengkapi dengan system catatan, tanda kredit atau kontrak perjanjian dalam mengembangkan kepatuhan. Contohnya Anik tidak pernah dapat berjalan tenang dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain saat bel berbunyi, biasanya ia langsung menghambur lari melalui lorong sekolah sambil mendorong dan menabrak sana sini. Anda dapat mengatakan kepadanya bahwa “Jika Anik berjalan tenang menuju kantin, dia boleh berdiri paling depan untuk bermain diluar, tetapi kalau Anik lari, Anik harus keluar yang terakhir”.
  1. Perilaku Manipulatif. Anak yang suka memanipulatif adalah mereka yang selalu mencoba memutarbalikkan situasi agar memperoleh keinginan atau kebutuhannya. Umumnya perilaku siswa terhadap guru telihat  bahwa anak berusaha memperoleh kuasa atas lingkungannya daripada guru. Anak sering gagal menumbuhkan perilaku tanggungjawab, mereka ahli dalam memutarbalikkan situasi sehingga akhirnya ia mencapai apa yang diharapkannya. Metode mengubah perilaku manipulatif pada anak adalah sebagai berikut : anak yang manipulatif memerlukan pendidikan secara konsisten dan tegas, keterlibatan orangtua sangat diperlukan untuk mengubah cara pendidikan di rumah maupun selama disekolah. Para guru perlu menegakkan wibawa di lingkungannya, termasuk menciptakan keteraturan, kepastian, disiplin dan pengendalian lingkungan di rumah maupun perilaku siswa di kelas.
  1. Sifat Bergantung yang Berlebihan. Perilaku anak yang kurang mandiri (bergantung yang berlebihan ) terjadi apabila mereka merasa tidak aman dalam menghadapi lingkungan sehingga mereka membutuhkan  dukungan dari orang-orang yang dirasakannya dekat dengan mereka. Perilaku ini ada hubungannya dengan perubahan besar darinya, misalnya karena perpisahan orangtua, kematian orang yang terdekat, perpindahan tempat tinggal atau berhubungan dengan kurangnya kepercayaan dirinya. Metode untuk mengatasinya adalah guru atau orangtua harus membatasi perilaku ketergantungan dengan meningkatkan rasa percaya diri dan citra diri. Kondisi ini dicapai dengan memberikan perhatian pada perilaku baik serta kemampuan anak, yaitu memberikan pendidikan kemandirian pada diri anak, misalnya mengerjakan tugas mengurus diri pribadi dan dapat menyelesaikan tugas-tugas rumah yang diberikan padanya. Apabila berhasil dengan baik akan mendapatkan pujian atau hadiah. Bila belum berhasil akan diberikan saran dan perbaikan perilaku dari orangtua atau guru untuk mengurangi perilaku buruk siswa.

Tag :

cara guru untuk mengubah perilaku seorang anak didik,Facebook mengubah karakter siswa,mengubah perilaku siswa di sekolah,model pembelajaran yang merubah sikap siswa menjadi lebih baik,

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 14 =