Cara Menjaga Kepercayaan Dalam Sebuah Hubungan

Menghormati kondisi pasangan atau siapapun dan apapun bentuk hubungannya adalah juga esensi dari kepercayaan. Ketahui kapan anda harus menyampaikan pemikiran dan perasaan, ketahui kapan anda harus diam, ketahui kapan dia harus berbicara, ketahui apa yang dia inginkan, dengarkan, mengakui kesalahan, adalah beberapa dari bentuk penghormatan. Jika anda dapat menciptakan itu satu sama lain, niscaya kepercayaan di dalam hubungan anda akan semakin tumbuh dan hubungan akan semakin langgeng. Berikut ini merupakan 6 cara dalam menjaga kepercayaan dalam suatu hubungan :

menjaga kepercayaan

1. Jujur
Untuk menjaga kepercayaan dalam hubungan, sangatlah penting untuk mengedepankan kejujuran. Yah, mungkin kejujuran akan sangat menyakitkan dalam suatu kasus, tetapi itu jauh lebih baik karena anda sudah berupaya untuk tidak menutup-nutupi sesuatu daripada pada akhirnya dia mengetahui dari sumber lain.

2. Menepati Janji
Jika anda berjanji, tepati. Jangan terbiasa membuat permakluman lantaran anda sering mengingkari janji. Sangat mungkin ada kondisi-kondisi dimana anda terpaksa harus membatalkan atau menunda janji, tetapi usahakan untuk menepatinya sebaik mungkin.

3. Dapat Diandalkan
Jika anda mengatakan bisa melakukan sesuatu untuk membantunya, maka buktikan. Ini sama halnya ketika anda berada di awal hubungan (PDKT). Anda tampak dapat diandalkan, ada ketika dia butuh, dan selalu bisa membantu menyelesaikan masalahnya. Jaga kondisi itu sampai kapanpun. Hal ini dapat menjaga dan meningkatkan kepercayaan satu sama lain.

4. Bersikap Terbuka
Sampaikan pemikiran dan ide dengan cara yang baik. Tunjukkan rasa hormat pada pemikiran dan idenya juga. Diskusikan setiap permasalahan yang muncul dalam hubungan anda, berbagi rasa, dan bersikap legawa jika memang anda yang bersalah. Sampaikan apa yang anda inginkan, butuhkan, dengan komunikasi yang jelas, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Dengarkan dengan baik-baik apabila dia juga menyampaikan apa yang dia inginkan dan butuhkan. Pastikan anda berdua dapat saling memahami dan beri peluang bagi pasangan anda untuk menanamkan kepercayaan melalui komunikasi yang baik dan kejujuran.

5. Dapat Menjaga Rahasia
Jika pasangan anda menyampaikan sesuatu yang bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh anda, jagalah rahasia itu. Jangan sampaikan pada teman, keluarga, dan orang-orang lainnya. Itulah awal dari terbangunnya kepercayaan pasangan anda.

6. Perbanyak Waktu Bersama
Cara terbaik untuk menjaga kepercayaan adalah dengan memperbanyak waktu bersama. Dengan semakin sering bersama, anda dan pasangan anda semakin memiliki cara berkomunikasi yang bebas sekaligus intim, lebih terbuka, lebih akrab, dan dapat menikmati perhatian satu sama lain. Cara ini sangat baik untuk mengembalikan kepercayaan dan sekaligus merekatkan hubungan yang sempat longgar karena kesibukan.

Sama halnya dengan semua jenis hubungan — pernikahan, hubungan bisnis, pacaran, persahabatan, hingga keluarga — kemampuan untuk menumbuhkan kepercayaan terbentuk dari upaya bersama. Butuh waktu dan bukti untuk bisa menunjukkan seseorang bisa dipercaya. Inilah mengapa kesadaran bahwa menjaga kepercayaan menjadi sangat penting dalam membangun hubungan. Jika anda dipercaya menjaga suatu rahasia, maka begitulah seharusnya sebuah rahasia, tidak boleh siapapun tahu. Anda harus meminta ijin jika harus menyampaikannya pada orang lain. Tentu ada pengecualiannya, jika itu berkaitan dan menjadi ancaman bagi hidup anda. Tetapi sebagai analogi, begitulah arti sebuah kepercayaan. Dan mengkhianati kepercayaan adalah awal sekaligus sumber bencana bagi hubungan anda.

Tag :

menjaga kepercayaan,menjaga kepercayaan pasangan,arti kepercayaan dalam suatu hubungan,foto model pria wanita romantis,kata kata jaga kepercayaan wanita,cara menjaga kepercayaan orang lain,kejujuran dan menjaga kepercayaan,Makalah pentingnya kepercayaan dalam hubungan,maksud dari menjaga satu sama lain,Tips menjaga kepercayaan,

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =