Belajar Untuk Mengatakan Tidak

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bagi beberapa orang memang bukan sesuatu yang mudah untuk mengatakan tidak kepada orang lain apalagi jika orang tersebut sangat dekat karena kita biasanya akan merasa cemas dan khawatir kalau hubungan akan menjadi renggang atau justru akan menimbulkan masalah. Hal tersebut sangat wajar dan umum dialami oleh banyak orang dalam kehidupan sosial dan berkeluarga, karena setiap orang pastinya memiliki keinginan yang berbeda dan belum tentu dapat diterima oleh orang lain. Namun jika kita memang memiliki alasan yang tepat atau memang tidak sesuai dengan keinginan kita maka sudah saatnya kita harus berhenti mengatakan iya dan belajar untuk mengatakan tidak. Menolak menjadi sulit dilakukan oleh beberapa orang karena merupakan sebuah pilihan antara konfrontasi dengan tetap bersikap sopan. Dengan menggunakan kalimat yang baik dan kooperatif Anda dapat mengatakan tidak ketika memang harus dilakukan namun dengan tetap menjaga hubungan yang baik dengan pihak yang Anda tolak ajakannya.

belajar untuk mengatakan tidak

Menolak tidak hanya cukup disampaikan dengan kata-kata saja namun dengan bersikap jelas dan tegas ketika sedang menyampaikan penolakan disertai dengan alasannya. Apabila Anda menolak dan mengatakan tidak tapi dengan sikap atau bahasa tubuh yang ragu-ragu maka Anda akan dinilai lemah ketika sedang melakukan penolakan. Hal ini akan membuat orang lain akan terus berusaha keras supaya Anda memenuhi permintaan mereka.

Sampaikanlah sebuah alasan kuat dan logis atas penolakan Anda dan konsistenlah dengan keputusan anda tersebut. Jika Anda tidak konsisten maka hal tersebut hanya akan semakin melemahkan posisi Anda ketika menolak. Hal lain perlu diperhatikan adalah ketika Anda mencoba untuk menolak namun dengan memberikan alasan yang kurang jelas bahkan terkesan mengada-ada dan kurang terbuka, hal tersebut akan menjadikan Anda terlihat kurang jujur.

Belajar untuk mengatakan tidak dengan tetap mempertahankan suasana yang netral memang tidak langsung dapat dilakukan dengan sendirinya, Anda mungkin butuh sedikit berlatih karena itu cobalah untuk mempraktikkannya ketika Anda mempunyai kesempatan untuk mengatakan tidak ketika saat harus menghadapi orang yang biasanya menekan Anda dengan permintaan mereka.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =