6 Cara Mengatasi Stress Di Tempat Kerja

Di masa sekarang karyawan diharapkan untuk mampu berbuat lebih banyak dengan jumlah karyawan lebih sedikit, hal inilah yang telah menjadi penyebab utama terjadinya stres di tempat kerja. Penyebab lain stres di tempat kerja termasuk kekhawatiran tentang tuntutan kerja yang meningkat dengan waktu yang terbatas, mengalami tekanan dan masalah dengan rekan kerja atau perbedaan pendapat dengan atasan, menurut Hess dan Terry Beehr, Ph.D, director of the Industrial/Organizational Program at Central Michigan University.

Mengatasi Stress Di Tempat Kerja

Beberapa tekanan pekerjaan dapat begitu mempengaruhi kesehatan mental seseorang  bahkan sampai melihat seorang pengangguran tampak lebih baik kehidupannya. Berdasarkan penelitian terbaru, orang-orang dalam pekerjaan yang buruk atau dengan definisi sebagai ketidaknyamanan pekerjaan dengan tuntutan yang sangat tinggi atau beban kerja yang berat, sedikit kontrol atas beban kerja dan gaji yang tidak sesuai akan memiliki kualitas kesehatan mental yang sama atau lebih buruk daripada individu yang menganggur.

Namun jika sementara ini anda mungkin merasakan hal tersebut, ada cara yang dapat anda lakukan untuk memberdayakan diri dan mengubah situasi pekerjaan anda menjadi lebih baik. Berikut adalah tips untuk mengurangi tekanan dan 6 cara mengatasi stress di tempat kerja.

Mengatasi Stress Di Tempat Kerja

  1. Menjaga diri. Bermasalah dengan stres kerja merupakan hal yang dapat membuat orang sakit, baik secara psikologis maupun fisik, menurut Beehr dari penelitiannya dalam mempelajari stres kerja dan kepuasan. Jadi cara yang efektif untuk mengurangi strees di tempat kerja adalah tetap bekerja namun dengan mengurangi ketegangan. Pertama kali anda dapat mencari bantuan profesional untuk gejala yang anda alami dari seorang dokter atau psikolog. Menurut Beehr anda juga dapat terlibat dalam kegiatan santai yang dapat anda lakukan, seperti yoga, atau apa pun yang anda dapat benar-benar menikmatinya, seperti berjumpa dengan para sahabat, membaca buku, menonton film atau berkebun. Tentu saja, kegiatan fisik tersebut merupakan anugerah bagi kesehatan Anda dan bisa menjadi pelindung. Menjadi kuat secara fisik akan membuat Anda agak lebih tahan terhadap efek stres.
  2. Ubah pola pikir Anda. Melalui bukunya, Hess berbicara bagaimana menciptakan cara Professional Paradise, yang ia lihat sebagai keadaan pikiran bahwa penilaian bukan dari atasan yang sempurna atau gaji. Jadi tidak apa yang sebenarnya terjadi di tempat kerja, tetapi bagaimana cara kita memandang peristiwa tersebut.Hess telah mengembangkan 5 langkah pendekatan untuk hal tersebut  yang dia sebut SHIFT. Berikut ini penjelasannya :
    • Stop and take a deep breath (Berhenti sejenak dan ambilah napas dalam-dalam) Hal ini tidak hanya membantu menenangkan anda, tetapi juga mencegah anda dari mengatakan sesuatu yang mungkin akan membuat anda menyesal.
    • Harness your harmful knee-jerk reactions (Mengendalikan reaksi gegabah anda yang berbahaya). Ketika terjadi sesuatu yang negatif, beberapa orang secara mental akan menarik diri dari situasi tersebut, sementara yang lain cenderung bertahan dan menyerang.
    • Identify and manage your negative emotions (Mengidentifikasi dan mengelola emosi negatif anda) Luangkan waktu sebentar untuk mempertimbangkan bagaimana perasaan anda. Hal ini juga membantu untuk mengidentifikasi di mana emosi ini ditunjukkan dalam tubuh Anda dan mencari tahu apa yang membantu anda mengatasi perasaan tersebut apakah dengan mendengarkan musik atau berjalan-jalan.
    • Find new options (Cari pilihan baru) Hess menyarankan untuk kita bertanya pada diri kita sendiri.
    • Take one positive action (Ambil satu tindakan positif) Pertimbangkan bagaimana kita dapat melihat situasi dari sisi yang berbeda. Jika anda kewalahan dengan sebuah pekerjaan maka langkah positif yang dapat dilakukan adalah dengan membuat daftar dan memecahnya menjadi bagian-bagian untuk dikelola.
  3. Menyelesaikan Masalah Anda. Menentukan sumber stres anda dan mempertimbangkan bagaimana anda dapat mengatasi masalah tersebut. Misalnya apabila anda sedang merasakan stres tentang suatu proyek maka pertimbangkan sesuatu yang dapat membantu untuk memperjelas ruang lingkup dan tugas yang diperlukan. Jika itu adalah konflik dengan rekan kerja maka berpikir tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Secara mendasar kuncinya adalah untuk mengambil pendekatan untuk pemecahan masalah dan mencoba untuk memperbaiki apa yang ada di dalam kemampuan anda.
  4. Selalu bersyukur. Hess menyarankan supaya kita memikirkan satu hal yang dapat anda syukuri setiap hari di tempat kerja bahkan walaupun itu sangat sederhana seperti bersyukur karena atasan anda membelikan air kemasan untuk seisi kantor.
  5. Bergaul dengan orang banyak. Banyak tempat kerja memiliki apa Hess sebut sebagai “rantai geng” beranggotakan rekan kerja yang selalu stres dan banyak mengeluh. Sebaliknya pilihlah untuk bergaul dengan orang-orang yang mendukung, santai dan menyenangkan berada di sekitar mereka. Sekelompok besar rekan kerja juga dapat membantu menyelesaikan beban kerja yang berat atau dengan memberikan dukungan moral.
  6. Berhubungan kembali dengan apa yang Anda sukai tentang pekerjaan Anda. Kebanyakan orang lebih puas jika mereka memiliki pekerjaan yang mereka anggap bermakna dan memberikan mereka kesempatan untuk menggunakan keterampilan dan nilai yang mereka miliki.

Dari beberapa point diatas tentang 6 cara mengatasi stress di tempat kerja semoga dapat membantu anda menemukan penyebab stress di tempat kerja dan menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Tag :

cara mengatasi stres kerja,cara mengatasi stress kerja,bagaimana cara mengendalikan stres dalam bekerja,cara hilangkan stress kerja,cara mengatasi stres kerja pada karyawan,upaya yg membuat mengurangi pegawai stres,cara mengelola stres kerja,cara mengubah stress akibat kerja jadi positif,cara mengurangi stress kerja,cara untuk mengurangkan stres dalam dunia kerja,

Related Post

2 comments on “6 Cara Mengatasi Stress Di Tempat Kerja”

  1. jeni Balas

    iya betul kerjaan dibawa santai aja asalkan kita uda beri yg terbaik. tx infonya

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − thirteen =