Terapi Trauma Healing Pulihkan Kondisi Korban Bencana

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Terapi trauma healing sangat diperlukan di Indonesia yang merupakan negara rawan terkena bencana alam, mulai dari banjir, tanah longsor, gempa dan lain sebagainya. Bencana alam tersebut banyak menimbulkan kerugian dan kesedihan pada korbannya. Bahkan tak jarang pula korban bencana alam mengalami trauma berat akibat bencana. Ketakutan terhadap bencana adalah reaksi yang sangat umum dialami oleh korban bencana. Terkadang korban bencana mengalami pengulangan ingatan mengenai bencana tersebut yang kemudian dapat berkembang lebih serius menjadi rasa hilangnya emosi, atau bahkan mengalami insomnia, dan waspada berlebihan. Pada anak-anak trauma terhadap bencana alam dapat merenggut keceriaan anak.

Terapi Trauma Healing

Terapi Trauma Healing Pada Korban Bencana

Trauma pada korban bencana alam tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Agar korban bencana dapat terus melanjutkan kehidupannya secara normal, maka diperlukan terapi trauma/pemulihan trauma (trauma healing). Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk melakukan trauma healing. Terapi trauma healing dapat dilakukan dengan pemberian obat atau terapi psikis. Pada prinsipnya trauma healing yang diberikan pada orang dewasa berbeda pada anak-anak. Pada anak-anak trauma healing dapat dilakukan melalui beberapa metode. Yang pertama adalah melalui teknik play teraphy pada anak. Dengan menggunakan play teraphy anak akan diajak mengatasi traumanya melalui media permainan. Metode lain yaitu dengan terapi melaui tari. Dengan tari anak dapat mengekspresikan emosi yang ada di dalam dirinya. Hal ini dikarenakan tari bersifat rekreatif.

Pada orang dewasa terapi trauma healing dapat dilakukan dengan dilakukan dengan cara konseling. Pada orang dewasa trauma healing lebih mudah dilakukan karena orang dewasa dapat dengan mudah mengekspresikan apa yang dirasakannya secara verbal. Dengan melakukan konseling diharapkan trauma korban bencana alam dapat sedikit berkurang. Selain melakukan konseling ada metode lain dalam trauma healing, yaitu metode TAT (Tapas Acupressure Technique). TAT adalah metode terapi yang dilakukan dengan cara menyentuh ringan beberapa titik akupuntur di kepala pada posisi TAT sambil mengarahkan perhatian pada masalah yang ingin dihadapi.

Trauma healing adalah salah satu kebutuhan utama bagi korban bencana. Dengan terapi trauma healing diharapkan korban bisa benar-benar sembuh dari traumanya dan dapat menjalani kehidupannya sebagaimana sebelum bencana terjadi.

Tag :

metode trauma healing,tips trauma healing untuk anak korban bencana,
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 2 =