Peran Ayah Bagi Perkembangan Anak

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam sebuah rumah tangga tidak hanya peran seorang ibu namun peran ayah bagi perkembangan anak sangat dibutuhkan karena keluarga adalah sekolah pertama untuk anak-anak. Seperti halnya sebuah sekolah, maka akan peran seorang guru yang mampu membimbing anak-anak kepada arah yang benar, dan peran tersebut tidak lain adalah orang tua.

Tanpa meragukan peran penting seorang ibu dalam pendidikan anak dengan kasih sayang dan perhatiannya dinilai yang paling besar di dalam sebuah keluarga, namun di sisi lain kita tidak dapat melupakan peran seorang ayah yang seringkali tanpa kita sadari juga sangat banyak memberikan peranan besar terhadap perkembangan anaknya.

peran ayah bagi perkembangan anak

Walaupun menyandang titel yang sama sebagai orang tua, namun ibu dan ayah sangat jelas sekali memiliki peran yang berbeda dalam pendidikan anak. Seorang ibu cenderung banyak mengajarkan tentang arti keadilan, keamanan dan kerjasama. Sedangkan seorang ayah lebih menanamkan tentang jiwa kompetisi, prestasi dan kemandirian.

Cobalah untuk mengingat dan membayangkan bagaimana cara ayah kita dahulu mendidik kita, terlepas kita adalah seorang anak laki-laki atau perempuan, namun pasti salah satu hal yang kita ingat adalah keseruan ketika kita bermain dengan ayah kita. Karena memang seorang ayah cenderung lebih memiliki kemampuan untuk menjadi teman bermain bagi anak-anaknya daripada ibu.

Seperti disebutkan diatas bahwa seorang ayah juga mempunyai peran dalam membentuk kemandirian pada anak. Kehadiran seorang ayah dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan diri, sehingga anak tersebut lebih bebas untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan mencoba segala hal baru dengan lebih mandiri. Anak akan merasa terlindungi dari bahaya, sehingga menjadi lebih pemberani dalam melakukan segala hal.

Peran ayah bagi perkembangan anak sangat dibutuhkan karena Ayah merupakan sosok sebagai pemberi semangat terbaik yang pernah ada. Masih ingatkah anda siapakah yang berteriak paling keras ketika kita sedang mengikuti lomba 17 Agustus atau mengikuti perlombaan lainnya? Pasti ayah adalah jawabannya.

Peran ayah bagi perkembangan anak yang tak kalah penting adalah sebagai seorang penanam disiplin yang menyenangkan. Bagaimana bisa menyenangkan? Hal ini dikarenakan seorang ayah mempunyai kestabilan emosi yang lebih baik dibandingkan seorang ibu. Hal ini disebabkan potensi gangguan emosi pada seorang ayah jauh lebih sedikit, salah satu contohnya seperti tidak adanya fase pre-menstruation syndrome (PMS) pada pria.

Kita tentu menyadari bahwa dalam menanamkan disiplin yang baik diperlukan ketegasan dan tanpa kompromi. Hal ini jarang sekali terjadi pada kebanyakan ibu, karena rata-rata ibu akan menggunakan perasaan dan sering menerima alasan yang dilontarkan anak-anak mereka. Pemakluman yang seperti ini terkadang tidak baik karena anak-anak dapat menjadikan rengekan mereka sebagai senjata untuk tidak dihukum.

Terlepas sesibuk apapun kita sebagai seorang orangtua terutama seorang ayah, seorang anak selalu membutuhkan sosok ayah di sampingnya. Terkadang bagi seorang ayah, tidak perlu untuk melakukan apa-apa guna berkontribusi dalam pendidikan anak-anaknya, namun cukup ada disana, di samping mereka dan tersenyum terhadap setiap lontaran pandangan yang anak-anak kita berikan. Ingat, mereka akan tumbuh dan membutuhkan Anda dengan cara yang berbeda, namun mereka akan selalu membutuhkan Anda.

Tag :

kriteria ayah yang baik secara psikologi,
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post

2 comments on “Peran Ayah Bagi Perkembangan Anak”

  1. Dwi Balas

    Ayah adalah sosok yang sangat dihormati dan juga disenangi oleh anak-anaknya, bahkan kebanyakan sosok ayah menjadi idola mereka. Jadi perlu ada catatan bagi para ayah untuk menjadi pribadi yang berkualitas sehingga dapat menjadi sosok yang dapat dicontoh oleh anak-anaknya.

  2. M Ridwan Adi P Balas

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Psikolog, menurut saya bidang studi Psikologi merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Psikologi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang Psikologi yang bisa anda kunjungi di leppsi.gunadarma.ac.id

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =