Mendidik Anak Sopan Santun Dimulai Dari Dini

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mendidik anak untuk menjadi sopan santun memang perlu karena agar ia memiliki kepribadian yang baik. Sehingga ketika berinteraksi dengan banyak orang mudah dan disenangi. Selain itu juga, memberikan pendidikan bersikap sopan santun itu sangat dibutuhkan sekali. Sebab sekarang ini banyak anak-anak yang tidak memiliki nilai-nilai kesopanan dalam beretika dengan orang lain. Orangtua tentunya tidak mau kan, jika anak Anda tumbuh menjadi seseorang yang tidak mempunyai sikap sopan santun. Nah, untuk itu ajarkan sikap sopan santun pada anak Anda dengan mulai merubah perilaku anak ke arah yang lebih baik. Lantas, bagaimana cara memulai mendidik anak ini agar ia bersikap sopan santun? Ingin tahu kan bagaimana caranya? Simak ulasan tentang bagaimana mendidik anak sopan santun dibawah ini.

Mendidik Anak Sopan Santun Dimulai Dari Dini

Beberapa cara memulai pendidikan pada anak agar bersikap sopan santun

Sejak dini
Mendidik anak bersikap sopan santun tidak harus menunggu ia besar. Sebaiknya dalam mendidik anak sopan santun dilakukan sejak dini. Meskipun anak masih berusia kecil mengajarkan sopan santun perlu diterapkan dalam dirinya. Tidak lain tujuannya agar setiap kali anak berbicara kepada siapapun menggunakan bahasa sopan meski diusianya masih kecil. Sehingga siapa saja yang mengajak bicara dengannya akan merasa senang dan dihormati.

Peraturan di rumah
Sebagai orangtua mengajarkan sikap sopan santun yang tepat adalah saat Anda dan anak sedang makan bersama, yaitu saat makan malam. Ajarkan bagaimana saat ingin berbicara dalam kondisi makan, yakni dengan memberi penjelasan bahwa ketika mulut dalam keadaan banyak makanan didalamnya sebaiknya dihabiskan dulu. Karena berbicara dalam keadaan mulut sedang makanan tidak sopan. Selain itu, membawa piring makan kemana-mana dalam keadaan masih banyak terisi makanan tidak diperbolehkan. Mengapa? Karena hal tersebut bersikap tidak sopan santun kepada orangtua saat dimeja makan. Supaya anak tidak salah paham dengan aturan yang Anda buat berilah pengertian padanya. Bahwasannya orang yang tidak bersikap sopan santun dibenci teman.

Bersikap sopan bukan berarti penakut
Anak yang memiliki sikap sopan santun bukan berarti ia jadi penakut. Maksudnya sopan tegas dalam melakukan tindakan dengan menggunakan bahasa yang tidak menyinggung, lemah lembut dan ramah tamah. Memang dalam mendidik anak bersikap sopan santun butuh proses yang tidak sebentar dan perlu bimbingan dari orangtuanya. Nah, untuk itu Anda sebagai orangtua harus terus membimbingnya agar anak bisa bersikap sopan santun.

Demikian itu beberapa cara memulai pendidik pada anak untuk menjadi sopan santun dalam berbicara dan berperilaku yang bisa Anda terapkan. Semoga ulasan mengenai mendidik anak sopan santun dimulai dari dini ini dapat membantu anda dalam membentuk karakter anak yang bisa menghormati siapapun.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + eighteen =