Cara Agar Anak Tidur Lelap

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Ketika masih bayi seorang ibu akan menyusui bayinya setiap malam. Ketika mereka balita dan masuk usia sekolah, kadangkala orang tua harus membangunkan mereka untuk untuk memberikan obat jika sakit atau menenangkan mereka setelah mimpi buruk. Fakta tersebut tidak mengherankan karena menurut jajak pendapat terbaru dari National Sleep Foundation (NSF), lebih banyak orang tanpa anak-anak di rumah akan memiliki kualitas tidur yang sangat baik dibandingkan dengan mereka yang memiliki anak-anak di dalam rumahnya. Hal inilah yang membuat banyak orang tua mencari cara agar anak tidur lelap.

anak-tidur-tenang

Para ahli mengatakan hal terbaik yang dapat dilakukan orang untuk diri mereka sendiri dan anak-anak mereka adalah dengan mengembangkan rutinitas tidur yang teratur dan dan membiasankan mereka untuk tidur sendiri. Dan para ahli juga mengatakan bahwa anak usia sekolah pada umumnya membutuhkan 9-12 jam untuk tidur setiap malam.

Menurut American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, banyak masalah tidur pada masa kanak-kanak berkaitan dengan kebiasaan tidur yang tidak teratur atau kecemasan tentang tidur. Anak-anak melihat tidur sebagai waktu berpisah, inilah mengapa mereka selalu membuat sejumlah taktik untuk mengulur waktu seperti berkali-kali minta air minum atau ke kamar mandi.

Berikut adalah beberapa cara agar anak tidur lelap dari NSF :

  • Membentuk kebiasaan tidur yang positif pada anak anda sejak usia dini supaya memiliki jadwal teratur untuk tidur dan bangun serta menjaga jadwal yang sama untuk hari sekolah ataupun liburan.
  • Membentuk waktu 20-30 menit setiap malam untuk persiapan sebelum tidur seperti ke kamar mandi, mengenakan piyama, membaca, atau kegiatan santai lainnya. Menonton TV sebelum tidur apalagi memiliki televisi di kamar tidur anak dapat mengganggu tidurnya.

Masalah tidur pada anak lainnya adalah mengigau saat tidur dan mengompol. Banyak anak-anak mememiliki masalah tidur yang berat pada masa pertumbuhan mereka. Karena itu jika ini terjadi pada anak anda sebaiknya sampaikan pada dokter anak anda.

Jika mendapati anak Anda mungkin memiliki masalah tidur coba tanyakan pada diri Anda lima pertanyaan berikut :

  1. Waktu tidur: Apakah anak saya memiliki masalah sebelum tidur?
  2. Berlebihan di siang hari: Apakah anak saya terlalu lelah dengan aktifitas di siang hari? Apakah nantinya ia akan sulit untuk bangun di pagi hari?
  3. Terbangun : Apakah anak saya sering terbangun pada malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali?
  4. Keteraturan dan durasi tidur : Jam berapa anak saya pergi ke tempat tidur dan bangun pagi hari untuk sekolah? Kemudian pada hari libur? Berapa banyak waktu tidur yang dia dapatkan?
  5. Mendengkur: Apakah anak saya mendengkur terlalu keras? Apakah dia terlihat memiliki masalah pernapasan di malam hari?

Tidur bagi anak sangat diperlukan pada masa pertumbuhannya karena itu semoga beberapa point diatas dapat membantu para orang tua yang memiliki masalah tidur pada anaknya, walaupun setiap orang tua pastinya selalu memiliki cara agar anak tidur lelap.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *